Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil

Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil – Sekarang dalam memulai sebuah usaha sangat mudah. Beragam modal usaha gratis tersedia asalkan kita cerdik dalam mendapatkannya. Namun tidak sedikt mereka mengalami kesulitan dalam modal usaha. Kalau hal itu terjadi pasti tidak terlepas dari kurangnya akses informasi mengenai modal usaha gratis, dana usaha gratis, dan lain-lain. Sebab banyak modal usaha yang bisa didapatkan dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta.

pinjaman modal usaha bagi usaha kecil

Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil

Salah satu program pemberdayaan ekonomi yang digulirkan pemerintah Indonesia adalah program kemitraan usaha dan bina lingkungan yang disingkat PKBL. Dalam program PKBL, setiap Badan Usaha Milik Negara diharuskan memberikan modal usaha pinjaman dengan bunga rendah ataupun gratis kepada usaha kecil mikro dan menengah. Program ini disebut juga dengan program binaan anak asuh. Dimana setiap usaha besar harus membina usaha kecil dibawahnya minimal satu usaha. Dengan demikian satu sama lain saling diuntungkan. Usaha kecil mendapatkan binaan dan pinjaman modal usaha bunga rendah. Dan usaha besar memperoleh sokongan dari usaha kecil

Program ini belum diketahui banyak oleh usaha mikro kecil dan menengah. Padahal ini merupakan kebijakan pemerintah pada setiap pelaku usaha besar untuk membantu usaha kecil atas dasar Peraturan dari Kementerian BUMN tanggal 28 September tahun 1999. Dalam peraturan itu, perusahaan besar wajib menyisihkan labanya sebesar dua persen untuk kegiatan PKBL atau pembinaan usaha kecil.

Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil
Usaha kecil mikro dan menengah berdasarkan hal di atas tidak usah risau dalam mengembangkan usaha dan meminjam modal usaha dengan tingkat bunga yang ringan.  Usaha besar akan mengakomodasikan keinginan usaha kecil. Sehingga bersama-sama maju. Adapun para pelaku usaha besar bisa mengadakan program PKBL ini untuk usaha kecil yang memiliki prospek cerah seperti industri produksi kerupuk, industri kuliner sale pisang, kelompok usaha rengginang, kelompok usaha kerajinan kulit, pengrajin batik, dan lain sebagainya. Pembinaan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan managemen usaha yang baik disertai pinjaman modal usaha dengan bunga kredit ringan.

Pemerintah mewajibkan para pengusaha besar untuk membina minimal satu usaha kecil bertujuan agar usaha kecil dapat berkembang dan bersaing secara sehat di tengah perkembangan dunia sehat yang semakin ketat. Diharapkan selanjutnya usaha kecil dapat mandiri dan mengembalikan bantuan pinjaman yang telah diberikan. Sekali lagi bukan hanya usaha besar yang diwajibkan menjalankan program binaan usaha ini tapi juga setiap BUMN telah diwajibkan pula yang jumlahnya sekitar ratusan lebih di Indonesia.

Namun amat disayangkan program PKBL yang dijalankan tersebut belum maksimal. Masih banyaknya dana pinjaman bunga.sangat ringan bagi usaha kecil mikro dan menengah yang masih menganggur di BUMN. Hal ini tak terlepas dari kurangnya akses informasi para pelaku UKM terhadap permodalan usaha yang disediakan pemerintah dan lembaga swasta maupun Badan Usaha Milik Negara.

Itulah pinjaman modal usaha bagi usaha kecil. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

BACA JUGA : Bantuan Dana Hibah Dari Pemerintahan Jepang

Incoming search terms:

pinjaman modal usaha kecil - sokongan dana usaha 2016 - cari pinjaman modal usaha - cari modal lembaga swasta jakarta - bumn yg memberikan modal usaha - bagi bagi usaha - bagi bagi modal usaha - Badan usaha untuk pinjaman minim bunga - usaha kecil milik pemerintah - badan usaha pinjam modal -
loading...
Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil | UBNet | 4.5