Mengenal Kelompok Usaha Bersama

Suatu usaha akan lebih optimal jika dijalankan secara bersama, bukan hanya dapat meinimalkan modal yang digunakan, hasil dari usaha bersama biasanya lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil usaha perseorangan. Selain hal tersebut, pengetahuan tentang usaha yang dilakukan akan lebih terorganisir (intinya ialah saling menutupi kurangnya informasi atau pengetahuan masing-masing). Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan suatu usaha dimana beberapa individu atau kita saja sebut suatu kelompok masyarakat tertentu, yang melakukan kegiatan usaha secara bersama/berkelompok. Mengacu pada pengertian yang diberikan oleh Departemen Sosial RI, kelompok usaha bersama (selanjutnya akan kita sebut KUBE) merupakan “wadah yang menghimpun dan mengelola keluarga binaan sosial yang telah mendapatkan bantuan sarana usaha dari pemerintah sebagai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan atau kehidupannya”.

tentang kelompok usaha bersama

 

Biasanya dalam kelompok KUBE ini terdiri dari 5-10 anggota masyarakat yang masuk ke dalam masyarakat golongan ‘sangat miskin’, Tujuan dari pembentukan kelompok usaha ini biasanya ialah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan kelompok tersebut. Peningkatan usaha yang dimaksud bisa dalam peningkatan usaha yang dilakukan anggotanya, maupun usaha yang dijalani oleh kelompoknya (usaha yang dijalankan secara bersama). Perlu dicatat bahwa dalam hak dan keprioritasan dalam kelompok usaha bersama ialah sama rata, artinya setiap atau seluruh anggota kelompok memiliki kedudukan sama rata tanpa ada yang dibeda-bedakan, meskipun modal yang disimpan atau diinvestasikan berbeda jumlah satu sama lain.

Sasaran keanggotaan kelompok usaha bersama (KUBE) ini ialah masyarakat umum yang tidak memiliki mata pencaharian, atau masyarakat yang memiliki mata pecaharian namun tidak dapat mencukupi kebutuhan pangannya sehar-hari. Kriteria yang wajib dimiliki oleh kelompok usaha bersama (KUBE) ini merupakan masyarakat yang tergolong dalam kelompok sasaran KUBE, memiliki KTP (identitas kependudukan), memiliki usaha atau berniat memiliki/membuat usaha, memiliki cukup usia dalam melakukan usaha (usia produktif) serta memiliki keterampilan dalam usaha tertentu, merupakan masyarakat yang bertanggungjawab, dan dapa mematuhi perauran KUBE.

Jenis-Jenis Kelompok Usaha Bersama

Ada beberapa jenis usaha yang dapat dikelola oleh kelompok usaha bersama (KUBE) ini, seperti kelompok usaha bersama dalam bidang pertanian dan kelompok usaha bersama dalam bidang perikanan. Usaha pertanian merupakan jenis usaha yang banyak digandrungi terutama oleh masyarakat Indonesia, hasil dari usaha pertanian ini biasanya merupakan bahan pangan (bahan utama yang biasanya jadi bahan konsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia). Sudah barang tentu, jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang memiliki peluang yang sangat besar dan dapat dijadikan sebagai salah satu jenis usaha bersama yang patut dipertimbangkan. Alasannya sederhana, yakni kebutuhan pangan di seluruh dunia kian hari kian melonjak, terutama saat bulan Ramadhan, seperti yang kita saksikan dalam berita-berita bahwa kebutuhan pangan masyarakat melonjak hampir 50% dari biasanya.

Kelompok Usaha Bersama di Bidang Pertanian

Jenis kelompok usaha bersama (KUBE) dalam bidang pertanian merupakan jenis usaha bersama yang dilakukan secara kelompok dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada, untuk dapat digarap dan dijadikan sumber usaha. Kelompok usaha bersama (KUBE) dalam bidang pertanian dapat berupa usaha pertanian bahan pokok (baik padi, gandum, jagung, umbi, dan sebagainya), sayuran (kol, cabai, kacang, buncis, dan sebagainya), buah-buahan (jeruk, strawberry, kelapa, papaya, dan sebagainya), atau jenis usaha pertanian lainnya.

Kelompok Usaha Bersama di Bidang Perikanan

Negara Indonesia merupakan Negara yang 1/3 persennya terdiri dari wilayah perairan dan hanya ¼ persennya terdiri dari daratan kering. Masyarakat yang hidup di sekitar pantai tentunya banyak yang memiliki usaha sebagai nelayan, yang keseharianya ialah untuk mencari ikan di laut. Tentu jenis usaha nelayan ini perlu ada pengembangan, maka ada yang namanya kelompok usaha bersama dalam bidang perikanan. Terdapat dua macam jenis kelompok usaha bersama ini, yang pertama ialah nelayan dan yang kedua ialah masyarakat pada umumnya.

Jenis kelompok usaha besama dalam bidang perikanan yang dilakukan oleh nelayan, biasanya berupa kegiatan usaha bersama untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan, maupun peningkatan kualitas peralatan dan kualitas hasl tangkapan. Sedangkan untuk kelompok usaha bersama perikanan yang dilakukan oleh masyarakat biasa (non-nelayan), biasanya merupakan kegiatan dalam hal pembudidayaan ikan. Jenis pembudidayaan ikan tersebut baik ke dalam jenis pembudidayaan ikan untuk makanan, ataupun pembudidayaan untuk jenis ikan hias yang nantinya sama-sama akan diperjualbelikan. Yang dimaksud dengan pembudidayaan ikan ini ialah perkembangbiakan ikan, maksudnya penambahan jumlah populasi ikan dalam kurun waktu tertentu.

Di Indonesia telah terbentuk berbagai jenis kelompok usaha bersama, seperti kelompok usaha pertanian dengan nama Anugerah Timur. Kelompok usaha bersama ini merupakan kelopok usaha yang berada di jalan Kertama kelurahan Maharatu kecamatan Mayoran Damai, termasuk KUBE dalam bidang pertanian yang sukses dan merupakan KUBE pemasok sayuran dan buah-buahan khusunya di Pekan Baru. Selain KUBE dalam bidang pertanian, terdapat pula KUBE lain dalam bidang perikanan dengan nama  Kelompok Lumba-lumba 1 & 2. Kelompok usaha bersama dalam bidang perikanan yang memiliki nama ‘kelompok lumba-lumba 1 serta kelompok lumba-lumba 2 merupakan kelompok usaha bersama yang di bentuk di kelurahan Malalayang Timur 1 kecamatan Malalayang kota Manado. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh Reifan, kelompok usaha bersama dalam bidang perikanan ini merupakan kelompok usaha bersama yang dibentuk oleh kementerian kelautan dan perikanan pada periode 2010-2014 yang merupakan kelanjutan dari periode dari tahun 2009-2010.


Tentang Usahabersama.net

Usahabersama.net merupakan salah satu website yang menyediakan berbagai jasa informasi gratis mengenai berbagai jenis usaha. Dalam website ini kita dapat menemukan berbagai macam informasi menarik mengenai kegiatan usaha bersama, informasi usaha kecil menengah, informasi seputar bisnis waralaba, dan informas seputar pembiayaan. Artikel yang ditulis merupakan artikel inspiratif bagi pengunjung website yang ingin memulai usaha barunya, namun masih minim atau belum mengetahui secara jelas mengenai jenis usaha seperti apa yang kiranya cocok untuk digandrungi.

Dalam website usahabersama.net ini pula akan dijelaskan lebih rinci lagi mengenai kelompok usaha bersama (KUBE), kurang lebihnya seperti mengenai cara pembentukan kelompok usaha bersama, cara pengadaan dana melalui pinjaman dari kementerian sosial beserta syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut, dan beberapa contoh kelompok usaha bersama yang telah dinyatakan sukses dalam kegiatan usahanya. Soal memanage pembiayaan pun sangt penting dan perlu diperhatkan, sehingga website ini pula akan memuat artikel mengenai informasi pembiayaan.

Selain itu, informasi mengenai bisnis waralaba pun tidak kalah menarik. Oleh karena itu website ini juga menyediakan informasi mengenai bisnis waralaba meliputi berbagai jenis bisnis waralaba yang popular, menguntungkan, menarik, bermodal kecil namun memiliki keuntngan yang besar, serta informasi lainnya mengenai bisnis waralaba. Untuk artikel lainnya, akan dijelaskan pula secara gamblang beberapa model usaha yang terbilang unik dan kreatif, serta memiliki peluang penghasilan yang cukup besar. Bagi para pemula usaha yang masih kebingungan dengan jenis usaha apa saja yang kiranya ada di Indonesia, website usahabersama.net merupakan website yang cocok untuk dijadikan rujukan dalam mencari informasi serta menambah pengetahuan mengenai berbagai macam usaha.

 

Sumber bacaan:

Mutiara pertiwi, 2008. Analisis Efektivitas Kelompok Usaha Bersama sebagai Program Pemberdayaan Rakyat Miskin Perkotaan: Studi Kasus di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Reifan A.H Chorneles, Program Pengembangan Usaha Mina Perdesaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Kel. Malalayang 1 Timur Kec. Malalayang Kota Manado

http://umibadriyah.blogspot.com/2013/10/ips-kelas-v-sd.html

Incoming search terms:

kelompok usaha bersama perikanan - macam-macam kelompok usaha - kelompok peluang usaha - pengertian usaha bersama - pengertian kelompok usaha bersama - Jenis usaha bersama - nama kelompok usaha yang bagus - nama kelompok usaha - nama kelompok usaha bersama - jenis usaha kelompok -