Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele

Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele – Anda tentu mengenal jenis ikan lele? Iya. Ikan ini memiliki kumis panjang dan mampu tumbuh besar di kolam kotor maupun besar. Merawat ikan lele tidaklah sesulit membudidayakan ikan lainnya. Lele sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Penulis telah merasakan usaha budidaya lele yang sangat mudah. Begitupula pakan ikan lele mudah sekali didapat bahkan dibuat. Jika tidak mempunyai pakan ikan lele khusus maka bisa membuat pakan lele dengan sisa-sisa makanan.

Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele

Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele

Banyak pembudidaya ikan lele yang sukses di tanah air. Salah satunya pria ramah bernama Suganda yang berhasil beternak ikan lele secara autodidak. Kemudian ia mendirikan kelompok tani pembudidaya lele yang sampai sekarang berjumlah 29 anggota. Kini kelompoknya mampu menghasilkan untung bersih sebesar Rp.39.000.000 perhari. Atau satu petani lele dapat menghasilkan laba bersih sekitar Rp 6.000.000 sampai Rp. 10.000.000 hanya dalam satu hari saja.

Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele
Jika ditilik ke belakang tepatnya sebelum Suganda meraih kesuksesan bisnis budidaya lele, awalnya tidak ada seorang warga masyarakat pun yang tertarik usaha budidaya lele. Suganda memulai usaha beternak lele secara sendirian. Keuntungan demi keuntungan ia dapatkan dari hasil usaha budidaya lele. Puncaknya lima tahun menjalani usaha budidaya lele, Suganda mendapatkan penghasilan sangat besar. Hal tersebut membuat warga sekitar tertarik untuk menekuni usaha budidaya lele seperti Suganda. Kolam tambak lele yang asalnya berjumlah sepuluh kolam lele kini di desanya sudah berjumlah empat ratus kolam ikan lele atau seluas area 35 ha. Dari 400 kolam itu mampu menuai panen ikan lele sebesar 4 ton hingga 5 ton perhari.

Sementara itu, untuk masalah pemasaran ikan lele Suganda dan rekan-rekannya tidak mengalami kesulitan. Usaha budidaya ikan lelenya sudah dikenal masyarakat luas. Sehingga para pembeli datang langsung ke lokasi usaha budidaya lelenya yang kemudian menjadi pelanggan tetap. Dari hari ke hari pelanggannya terus bertambah. Bukan hanya di lingkungan sekitar. Tapi pelanggannya datang dari berbagai daerah dan kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tegal dll.

Permintaan ikan lele dari pelanggan semakin bertambah setiap hari yang mencapai enam ton perhari. Hal tersebut membuat Suganda tidak mampu memenuhi permintaan pasar lele dikarenakan lahan kolam yang terbatas. Oleh sebab itu, ia berencana menambah kolam ikan lele yang baru di wilayahnya untuk menggenjot jumlah produksi lele.

Suganda bersyukur kesuksesan bisnis budidaya ikan lele mampu menghantarkannya menjadi pengusaha ikan yang kaya raya di daerahnya. Ia berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi, membeli beberapa unit sepeda motor, membeli tanah dan rumah serta membeli beberapa mobil.

Itulah kisah sukses usaha budidaya lele yang dijalani oleh Suganda yang kini jadi kaya raya. Semoga dapat menginspirasi.

Baca juga :

Pengusaha Sukses Usaha Perikanan Lele

Incoming search terms:

ternak lele kaya - kisah sukses pengusaha ikan lele - suganda pengusaha sukses ikan lele - pengusaha lele - cerita sukses peternak lele - cerita beternak lele - orang2 sukses berteriak ikan - pengusaha ternak lele - kaya karena ternak lele - cerita tntang investasi ikan lele -
loading...
Kisah Sukses Usaha Budidaya Lele | UBNet | 4.5