Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha KUBE ke Kementerian Sosial

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha KUBE ke Kementerian Sosial – usahabersama.net. Untuk dapat memulai usaha baru, diperlukan modal awal yang lumayan besar. Meskipun KUBE merupakan program pemerintah dalam upaya menentaskan tingkat kemiskinan di Indonesia dan memberikan bantuan modal/dana bagi anggota kelompok ini, namun tetap diperlukan proposal pengajuan dana yang memiliki syarat tertentu agar proposal pengajuan dana tersebut dapat diterima. Sembarangan proposal atau proposal yang dibuat secara biasa dan tidak memiliki daya tarik, mungkin tidak akan diterima. Oleh karena itu perlunya ketelitian dalam membuat proposal, apalagi ini merupakan proposal pengajuan dana KUBE yang mungkin bersaing dengan proposal anggota KUBE lainnya.

bantuan modal usaha kube

saource: beritakotaonline.com

Penting sebelum kita mengajukan proposal pinjaman dana modal usaha untuk usaha bersama kita harus memastikan kelompok usaha bersama kita telah memenuhi syarat KUBE untuk diakui sebagai kelompok usaha bersama atau KUBE. Berikut ini adalah format proposal dan tahap-tahap yang harus kita jalani untuk mengajukan modal usaha KUBE yang dihimpun oleh usahabersama.net dari beberapa sumber:

Format Proposal Pinjaman Modal Usaha KUBE

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat proposal pengajuan, isi proposal merupakan hal yang sangat penting. Berikut disajikan format proposal yang telah ditentukan oleh pihak kementerian nasional, yaitu:

1. Karakteristik umum KUBE

Bagian ini menjelaskan karakeristik umum mengenai KUBE, terdiri dari:

  • Lokasi/wilayah keberadaan KUBE
  • jumlah dana yang diperlukan (dana usaha)
  • sub kelompok dalam KUBE

2. Identitas Pendamping yang mengusulkan proposal dana

Dalam bagian ini, identitas pendamping ditulis secara jelas dan dapat difahami

3. Karakteristik anggota KUBE

Bagian ini beris informasi anggota maupun pengurus KUBE, dibuatkan dalam benuk tabel. Urutan pertama ketua, kedua sekretaris, ketiga bendahara, dan selanjutnya ialah anggota KUBE (untuk lebih jelasnya lihat buku ‘Petunjuk Teknis Kelompok Usaha Bersama (KUBE)’ yang dapat di download di kubepedia. Info bagian publikasi)

4. Rencana usaha ekonomi produktif (UEP)

Bagian ini merupakanbagian penjabaran UEP, silahkan jabarkan sejelas mungkin rencana anggaran UEP yang diperlukan beserta dengan bukti-bukti.

Tahap-Tahap Mengajukan Pinjaman Modal Usaha KUBE

Setelah proposal pengajuan pinjaman modal selesai dibuat, langkah selanjutnya ialah mengirimkan proposal pengajuan tersebut secara hardcopy dan softcopy. Untuk proposal pengajuan pinjaman modal yang berbentuk softcopy, maka proposal tersebut dapat dimasukan melalui SIM (sistem informasi manajemen) oleh pendamping di http://mis.kubepedia.info/. Untuk proposal (bentuk print out), lampiran-lampiran, serta surat pengantar (dari kepala desa/lurah), dapat dikirim melalui pos ke alamat dinas sosial setempat (tergantung daerah masing-masing).

Selanjunya ialah tahap pemverifikasian, setelah proposal beserta anak pinaknya masuk (anak pinak = surat pengantar, lampiran. #bahasasaya he), maka pihak Dinas Sosial setempat (tergantung wilayah dimana anda tinggal) memverifikasi proposal yang anda ajukan baik yang berbentuk online dan proposal yang anda kirimkan melalui pos (status verifikasi bisa dilihat melalui online). Selajutnya dinas sosial akan menetapkan KUBE man saja yang lolos, hal ini berdasarkan pada SK Dinas yang diturunkan

Jika proposal telah disetujui oleh pihak dinas sosial setempat, pendamping akan mebantu proses pembukaan rekening atau proses pencairan dana KUBE serta pemembelian barang yang diperlukan. Nantinya pendamping akan bertanggungjawab sebagai pelapor penggunaan dana dan betugas mendampingi KUBE dalam merintis, mengelola, dan mengembangkan usaha yang dikelola.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal ialah hal-hal apa saja yang diminta ada dalam proposal, setiap wilayah mungkin memiliki perbedaan isi proposal. Untuk mengetahui apa saja yang perlu tercatat atau terlampir dalam proposal, silahkan mengakses website dinas sosial di masing-masing wilayah untuk mendapatkan info lebih lanjut, atau bisa datang langsung ke kantor Dinas Sosial setempat untuk lebih jelasnya.

Jika KUBE yang diajukan benar adanya dan memiliki kejelasan, maka dapat dipastikan proposal pengajuan pinjaman modal akan diterima dan KUBE akan mendapatkan pinjaman dana yang diajukan. Meskipun proses verifikasi memerlukan waktu yang tidak sebentar, namun jika pengajuan proposal diterima dengan baik maka usahapun menjadi tidak sia-sia. Satu lagi yang perlu diingat, gunakan bahasa Indonesia baku dan sesuai dengan EYD serta gunakan kalimat yang efektif serta efisien.

Selamat berjuang

Sumber bacaan:

  • Kementerian sosial RI, 2015. Petunjuk Teknis Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Jakarta: Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan.
  • http://kubepedia.info/

Incoming search terms:

alur bantuan dari kementrian 2016 - Kapan dana hibah dinsos cair - kubepedia com - pendamping kube 2016 - kemensos program kube - cara pengajuan proposal ke dinas sosial - cara mengajukan bantuan ke dinas soaial aceh tengah - dana dana hibah kemensos - cara mendapatkan bantuan / pengajuan via onlin wira usaha ke KEMENDES 2016 - dana 2 hibah kementrian sosial -
loading...
Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha KUBE ke Kementerian Sosial | UBNet | 4.5