Cara Memilih Usaha Waralaba

Cara Memilih Usaha Waralaba – Pada beberapa bulan terakhir ini bisnis waralaba semakin menjamur di tanah air. Hal ini dilihat pula di daerah penulis tepatnya Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang. Di pusat keramaian yang strategis terlihat usaha waralaba es cappuccino cincau, es juice buah-buahan, waralaba jagung manis keju, bakso, waralaba Yomart, franchise Alfamart, Waralaba Pertamini, franchise motor Honda dan Yamaha, dan lain sebagainya. Usaha waralaba di pedesaan tidak seramai bisnis waralaba di perkotaan yang sudah menjamur dan bersaing ketat. Di pedesaan sebuah usaha waralaba jenis apapun masih terbuka luas dengan persaingan yang masih sedikit sekali.

cara memilih usaha waralaba

Cara memilih usaha waralaba

Berikut ini penulis akan berikan sejumlah tips dan kiat dalam memilih usaha waralaba yang menguntungkan dan menjanjikan, antara lain : seseorang hendaknya memilih usaha waralaba yang gampang dijalankan dalam sistem operasional usaha, tidak ribet dan tidak menyita pikiran, waktu dan tenaga kita. Selain itu, seorang pelaku usaha hendaknya memilihi lokasi usaha yang strategis yang lingkungannya aman dan gampang dijangkau oleh konsumen. Hal ini sangat penting karena konsumen lebih memilih membeli barang dari lokasi yang mudah dijangkau. Kalaulah lokasi usaha anda jauh dan tidak mudah dijangkau maka tunjukkanlah kelebihannya dari pesaing terdekat.

Cara Memilih Usaha Waralaba
Kemudian yang perlu dipertimbangkan adalah memilih usaha franchise yang telah memiliki banyak pembeli atau pelanggan setia dari berbagai kalangan maupun umur. Sebab dengan demikian keuntungan yang didapat besar sekali. Sebaliknya jika memilih usaha waralaba yang sedikit pembelinya maka keuntungan pun akan sedikit bahkan bisa jadi gulung tikar. Salah satu jenis bisnis waralaba yang banyak konsumennya yaitu franchise dalam bidang minuman maupun makanan.

Langkah selanjutnya memilih bisnis waralaba yang harga jual produknya sangat terjangkau bagi semua kalangan. Hal ini agar produk yang dijual dapat dibeli dan diterima pasar serta sesuai dengan daya beli masyarakat tanah air yang sekarang semakin menurun. Jangan memilih usaha waralaba yang harga jual produknya sangat mahal karena konsumen akan enggan membeli barang dengan harga mahal mengingat situasi ekonomi yang semakin sulit. Apalagi usaha waralaba bagi kalangan di pedesaan maka lebih baik memilih bisnis waralaba yang harga jual produknya murah meriah. Hal ini agar usaha waralaba dapat laku keras, laris manis diserbu para pembeli secara konsisten.

Hal penting lainnya adalah kalau bisa memilih usaha waralaba yang memberikan jaminan atau garansi mutu produk serta pelayanan baik. Hal ini agar bisa menjaga kepercayaan konsumen. Karena sebuah kepercayaan konsumen sangat mahal harganya. Bisnis waralaba tidak akan berjalan tanpa adanya sebuah kepercayaan dari konsumen. Pendek kata, pilih usaha waralaba yang memberikan jaminan kualitas rasa dan pelayanan terbaik agar anda lancar dalam usaha waralaba.

Sekian mengenai cara memilih usaha waralaba. Semoga memberikan inspirasi dan pengetahuan mendalam.

Baca juga :

Tips Cara Memilih Waralaba yang Tepat

loading...
Cara Memilih Usaha Waralaba | UBNet | 4.5