Berapa Modal Membuka Usaha Sablon Kaos?

Berapa Modal Membuka Usaha Sablon Kaos? – usahabersama.net. Jika anda ingin membuka usaha sablon kaos, modal yang perlu dikeluarkan berasal dari alat dan bahan yang digunakan. Untuk alat sablon sendiri, ada 3 jenis mesin sablon yang umumnya digunakan untuk sablon kaos seperti sablon digital, sablon manual dan sablon DTG. Selain biaya untuk pembelian alat sablon, anda juga perlu membeli kaos sebagai bahan utama usaha anda, jenis kaos yang digunakan tentu beragam dan memiliki kualitas yang berbeda, sehingga modal untuk bahan kaos ini tergantung pada jenis dan jumlah yang ingin diproduksi.

berapa modal usaha sablon kaos

Modal Untuk Membuka Usaha Sablon

Jika anda tertarik untuk membuka usaha sablon kaos tentu anda harus mempersiapkan pendanaan untuk membeli peralatan yang diperlukan. Namun sebelumnya kita harus memastikan jenis sablon seperti apa yang akan kita usahakan. Setidaknya ada 3 jenis sablon yang umum kita temukan dalam dunia usaha sablon kaos yakni sablon digital, sablon manual dan sablon DTG.

Berikut ini penjelasan tentang ketiga jenis usaha kaos sablon beserta perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengadakannya.

Modal Usaha Sablon Digital

Sablon Digital merupakan sablon yang cara pencetakannya dilakukan secara digital, alat lain yang dibutuhkan ialah komputer, printer yang diisi dengan tinta sublim, mesin hotpress, dan kertas transfer. Kelbihan sablon menggunakan sablon digital ialah hasil cetakan sangat baik jika mencetak foto, biaya yang murah untuk sistem produksi, dan proses cetak yang cepat. Kekurangan sablon digital ini ialah jika mencetak di bahan dasark katun, hasilnya amat jelek. Namun sablon digital ini bagus jika digunakan untuk mencetak di kai berbahan dasar polyester (TC, PE, dan Hyget), modal yang diperlukan untuk membeli sablon digital ini sekitar 7.000.000.-. biasanya sablon digital ini digunakan untuk membuat kaos partai.

Modal Usaha Sablon Manual

Sablon Manualmerupakan jenis sablon yang cara pengaplikasiannya dilakukan secara manula, yakni menggunakan media tangan manusia. Kelebihan untuk penggunaan sablon manual ini ialah modal awal yang lumayan lebih murah jika dibandingkan dengan jenis sablon lainnya, hanya dengan modal 200.000 – 1.000.000 upiah anda sudah mendapatkan alat sablon ini. Kekurangannya yakni sangat jarang ditemui alat sablon satuan untuk sablon manual ini, karena proses pencetakan yang dilakukan sablon manual ini memerluka waktu yang lama.  Biasanya sablon manual digunakan untuk berbagai kaos distro, perusahaan, karyawan, grosir, dan lainnya.

Modal Usaha Sablon DTG

Sablon DTG (Direct To Grament) merupakan jenis sablon yang hampir mirip dengan sablon digital, namun sablon DTG ini memerlukan printer yang lebih khusus untuk mencetak produk atau kaos, namun tidak memerlukan kertas transfer. Jenis tinta yang digunakanpun merupakan tinta textil. Kelebihan jenis sablon seperti ini ialah hasil cetakan sangat tajam untuk kaos yang memiliki warna yang banyak dan jenis kaos bergambar layaknya foto, selain itu sablon TG ini juga dapat menyablon kaos dengan cepat. Kekurangan untuk jenis sablon ini iala modal yang cukup besar, karena harga sablon DTG ini sekitar 5.000.000 hingga mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, tinta yang digunakan untuk jenis sablon ini amat bervariasi.

Untuk harga bahan, jika anda menggunakan bahan yang murah seperti bahan kaos yang terbuat dari kan plyester, tentu modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan ini lumayan murah. Namun jika anda membuat produk dari bahan yang lebih mahal sepert kaos dari bahan katun atau lainnya, tentu modal awal untuk pembelian bahan ini terbilang cukup mahal. Jika anda membuka usaha dengan sistem pre-order, tentu anda tidak perlu mengeluarkan modal dengan kekhawatiran akan ‘rugi’ karena produk yang dibuat tidak laku. Keuntungan sistem pre-order ini ialah, anda hanya akan memproduksi produk yang telah dipesan dan tentu akan dibayar. Jika anda tergolong pemula dalam usaha ini, sebaiknya anda terlebih dahulu menggunakan sistem penjualan pre-order ini. Artinya anda terlebih dahulu menjual desain kaos yang dibuat, setelah ada yang memesan barulah anda memproduksi desaintersebut dalam bentuk kaos.

Besar modal usaha sablon kaos ini sebenarnya ditentukan dari jenis alat sablon mana yang akan anda gunakan. Karena semakin mahal alat yang anda gunakan, semakin mahal pula modal awal yang harus anda persiapkan.

Sumber bacaan:

  • https://www.bersosial.com/threads/3-jenis-sablon-kaos-yang-umum-digunakan.18443/

Incoming search terms:

Cara bisnis baju sablon - prospek usaha sablon - bisnis sablon digital - bisnis sablo - usaha sablon DTG - buka usaha sablon pemula - biaya buka sablon manual - panduan pemula sablon dtg - modal dasar usaha sablon - trik usaha sablon digital -
loading...
Berapa Modal Membuka Usaha Sablon Kaos? | UBNet | 4.5